Jumat, 14 Agustus 2009

Pendidikan Cinta Lingkungan dg Aksi Hari Bumi

Sebagai bagian dari lembaga pendidikan Sekolah Alam Ar Ridho merasa turut bertanggung jawab dalam rangka menanamkan cinta lingkungan kepada civitasnya. Secara reguler di sekolah ini sudah mempunyai program rutin yang mengarah kepada cinta lingkungan. Salah satunya yaitu operasi semut. Operasi semut merupakan istilah untuk kerja bakti bersih lingkungan sekitar sekolah yang biasanya dilaksanakan 2 minggu sekali. Semua siswa dari playgroup hingga SMP dengan bersamaan ikut andil dalam kegiatan ini.

Selain operasi semut, yang juga secara reguler dilaksanakan yaitu perlakuan terhadap sampah yang ada di lingkungan sekolah. Perlakuan yang dilakukan adalah dengan memilah sampai kering, basah dan sampah organik, anorganik. Sampah kering organik akan langsung dibakar atau dikubur. Yang basah akan dikeringkan dulu. Sedangkan sampah anorganik biasanya dijual langsung atau digunakan untuk bahan pembuatan prakarya.

Program cinta lingkungan yang berskala tahunan adalah peringatan hari bumi. Di hari itu hampir seharian di sekolah diadakan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada cinta lingkungan. Siswa tingkat bawah (playgroup-kelas 3 SD) melaksanakan operasi semut di lingkungan sekitar sekolah, sedangkan siswa tingkat atas (s/d SMP) biasanya melakukan aksi hari bumi di pusat kota.

Aksi hari bumi bertujuan untuk menanamkan kesadaran cinta lingkungan kepada siswa maupun masyarakat secara luas. Hampir tiap tahun aksi hari bumi yang dilakukan sekolah ini menjadi berita di koran. Aksi ini berisi seruan-seruan cinta lingkungan yang dibentangkan dengan poster dan selebaran serta ditampilkan dengan beberapa aksi teatrikal. Ada juga pembacaan puisi maupun melantunkan lagu-lagu yang berisi cinta lingkungan. Di antara peserta aksi juga ada yang menjadi tim penyapu ranjau yaitu tim yang bertugas untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di jalan yang dileati semua peserta aksi dengan membawa kantong plastik sebagai wadahnya. Ini sekaligus memberi contoh langsung kecintaan kita kepada lingkungan. Walaupun hanya setahun sekali, aksi hari bumi sangat efektif untuk menanamkan kecintaan kepada lingkungan. Bagaimana dengan anda?...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar